oleh : M. Ridwan

no previewAda sebuah program interaktif bernama Jam Hutang (Debt Clock) yang termuat di  website The Economist. Program ini menyajikan jumlah hutang yang dimiliki negara-negara dunia dalam bentuk jam digital yang setiap detik berubah-ubah. Selain itu, program ini bisa dengan mudah membandingkan jumlah hutang yang dimiliki oleh satu negara dengan negara lainnya. Jadi, jika Anda ingin mengetahui, misalnya, perbandingan hutang antara Amerika dan Iran, maka program ini dengan mudah menampilkannya. The Economist mengklaim bahwa data yang mereka gunakan adalah sangat akurat kendati mungkin berbeda dengan alat ukur yang digunakan oleh masing- masing negara.

Iseng-iseng penulis mencoba menggunakan program ini. Cukup mudah dan sangat menarik. Hasilnya juga cukup mengejutkan. Tahukah Anda jumlah hutang di dunia pada hari Selasa tanggal 28 Agustus 2012 pukul 6 pagi ?. Jumlahnya adalah $ 048.696.887.732.758.168. Silahkan Anda periksa saat ini juga dengan debt clock ini dan Anda akan terkejut menyaksikan bahwa jumlah hutang ini pasti telah bertambah dan terus akan bertambah. Anda pasti agak shock juga,lho..?

Silahkan bermain-main dengan program ini. Tapi tentu tidak boleh bermain-main dengan hutang. Pepatah lama mengatakan bahwa orang yang besar pasak dari tiang biasanya mengalami kesulitan hidup. Para penasehat keuangan setiap saat mengatakan bahwa tidak penting seberapa banyak gaji Anda namun yang terpenting bagaimana Anda mengalokasikannya. Namun, tampaknya pepatah dan nasehat para financial planner tersebut tidak terlalu digubris oleh para pemimpin negara-negara dunia. Buktinya ?, apalagi kalau bukan berdasarkan debt clock yang jelas-jelas menunjukkan pertambahan jumlah hutang yang mereka tanggung.

Mau tahu jumlah hutang Indonesia?. Hutang publik kita (public debt) adalah sebanyak $217,204,918,033. Jumlah ini “hanya” 24% dari GDP yang kita miliki (Public Debt as % of GDP). Masih tidak mengkhawatirkan, sih. Hutang ini kalau dibagi dengan jumlah penduduk (total population) kita yang sebanyak 247,304,918 maka tiap-tiap individu negara (public debt per person) memiliki hutang sebanyak $878,23 dan setiap tahun kita mengalami perubahan atas hutang sebanyak 11,9 % (total annual debt change).

Anda khawatir dengan hutang itu..?, terutama pada bagian public debt per person?. Tapi tunggu dulu, masih ada negara-negara yang lebih besar hutangnya dari negara kita. Silahkan lihat Amerika Serikat dengan hutang sebesar  $11,078,954,098,361 dan public per person adalah $35,34. Agak kecil, namun tentu mengkhwatirkan karena ternyata memakan 71% dari GDP yang mereka miliki. Tapi setidaknya untuk Indonesia masih diberikan tanda berupa warna merah jambu yang berarti masih belum terlalu besar.

Bandingkan dengan Amerika, Barazil, Kanada, atau China. Mereka adalah negara penghutang terbesar yang ditandai dengan warna merah. Menurut The Economist, kenaikan hutang kelihatan lebih cepat dari ouptput negara-negara dunia yang menyebakan kenaikan juga pada pajak yang ditanggung warga dan intervensi pemerintah pada ekonomi. Oleh karena itu, hutang-hutang ini harus ditata dengan baik supaya tidak berdampak kepada krisis. Silahkan Anda kunjungi website The Economits untuk mencoba program ini. Berdasarkan debt clock yang mereka sajikan, saya yakin, jumlah hutang negara dunia telah meningkat dari jumlah yang saya muat dalam tulisan ini. Sialhkan mencoba J